Kamis, 11 Juni 2015

3 Tips Cara Memulai Bisnis Bagi Pemula

Banyak sekali peluang usaha yang ada di sekitar kita dan punya potensi yang sangat bagus. Namun, tidak semua peluang usaha tersebut cocok untuk kita.

Bagi teman-teman yang ingin mulai membangun sebuah bisnis, baik itu bisnis offline ataupun bisnis online, ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan agar proses membangun bisnis lebih terarah.

Berikut ini adalah 3 tips yang perlu kita lakukan dalam memulai usaha sendiri:

1. Belajar berbisnis saat Anda masih karyawan Sebaiknya Anda jangan langsung meninggalkan pekerjaan kantoran Anda. Mulai belajar berbisnis saat menjadi karyawan bisa kita lakukan untuk menjaga keuangan Anda.
Modal awal memulai bisnis bisa didapatkan dari gaji bulanan di kantor. Walaupun mungkin pekerjaan Anda di kantor cukup menyita waktu, sebaiknya usahakan meluangkan waktu untuk mulai menyusun rencana bisnis Anda sejak dini. Kita bisa menyisihkan sebagian gaji dari kantor untuk mulai mengembangkan bisnis. Walupun mungkin terasa lambat, tapi proses pertumbuhan bisnis Anda akan terasa. Ketika Anda sudah mendapatkan penghasilan rutin dari bisnis Anda dan tidak tergantung lagi dari gaji kantor, maka pada saat itulah Anda bisa memutuskan untuk fokus pada bisnis Anda dan melepaskan status sebagai karyawan kantoran.

2. Membangun usaha yang sesuai dengan minat Passion atau minat adalah faktor yang seringkali menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Banyak pengusaha sukses yang berhasil mengembangkan bisnis mereka karena bisnis tersebut memang sesuai dengan minatnya. Jika Anda memiliki minat pada hal tertentu, lihatlah peluang usaha yang mungkin bisa dibangun dari minat tersebut. Mulailah dari hal-hal yang kecil, dan tetap fokus pada pengembangan usaha yang sesuai minat Anda tersebut.

3. Kerjakan bisnis Anda dengan sepenuh hati Tidak ada satupun bisnis yang bisa berhasil jika dikerjakan dengan setengah hati. Sebaliknya, bisnis yang dikerjakan dengan serius, cepat atau lambat pasti akan memberikan hasil yang kita harapkan. Mungkin Anda berpikir bahwa seorang pemula pasti akan kesulitan dalam membangun sebuah bisnis, tapi Anda yang menentukan apakah akan menjalankan bisnis tersebut dengan profesional atau tidak.

Oke, semoga artikel ini bermanfaat untuk bisnis anda.

Sukses ya,